Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media
pembelajaran berbasis kincir angin (kincir angin panel surya) dalam meningkatkan
pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan
di Sanggar Bimbingan Kampung Baru, Malaysia, dengan siswa kelas IV sebagai
partisipan. Desain pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur hasil belajar
sebelum dan sesudah penggunaan media. Data dianalisis menggunakan metode
statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas,
serta uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan
dalam hasil belajar siswa, di mana skor post-test lebih tinggi dibandingkan pre
test. Uji validitas dan reliabilitas memastikan bahwa instrumen penelitian dapat
dipercaya, sedangkan uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi
normal. Uji t berpasangan lebih lanjut mengonfirmasi bahwa penggunaan kincir
angin panel surya memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran
IPA siswa. Dengan demikian, media pembelajaran ini terbukti efektif dalam
meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pendidikan IPA.