Research Repository

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop Up Book Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan"

Show simple item record

dc.contributor.author Syahputri, Bella
dc.date.accessioned 2025-06-24T03:36:41Z
dc.date.available 2025-06-24T03:36:41Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27973
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika masih sebatas mengajarkan konsep dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan memanfaatkan buku paket yang ada serta memberikan contoh-contoh dengan menggambarkan di papan tulis. Kemudian pada materi bangun ruang kubus dan balok yang ada dikelas V guru hanya menggunakan media pembelajaran seadanya seperti lemari, kotak pensil, rubrik, dan meja. Hal tersebut mengakibatkan media yang digunakan kurang efektif sebab masih banyaknya peserta didik yang kurang paham tentang sisi dan rusuk pada bangun ruang kubus dan balok yang mengakibatkan perbedaan respon seperti ada beberapa peserta didik yang suka dan beberapa peserta didik yang tidak suka, tetapi banyaknya peserta didik yang memiliki respon tidak suka pada pembelajaran tersebut. Sehingga materi yang disampaikan oleh guru menjadi kurang menarik dan membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan. Tujuan darı penelitian ini yaitu untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Pop-Up Book bangun ruang kubus dan balok kelas V sekolah dasar?. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika berbasis Pop-Up Book bangun ruang kubus dan balok kelas V sekolah dasar ?. (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis Pop-Up Book bangun ruang kubus dan balok kelas V sekolah dasar ?. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yaitu terdiri dari 4 tahapar antara lain: (1) tahap pendefenisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (dissemination, yang diperkenalkan oleh Sivasailan Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melyn ! Semmel Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book untuk sekolah dasar terkhusus kepada kelas V B. Berdasarkan hasil kevalidan terhadap media pembelajaran rata-rata persentase yaitu 92% untuk ahli materi 93,30% dan 97,14% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran berkriteria sangai valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respen guru diperoleh 92% dan untuk respon siswa diperoleh 92%, yang artinya media pembelajaran berkriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajara Pop-Up Book ielah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book en_US
dc.title Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop Up Book Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan" en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account