Research Repository

AKIBAT HUKUM TERHADAP MEDIA E-COMMERCE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MINUMAN BERALKOHOL DENGAN ANAK SEBAGAI KONSUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author JUNAIDI, ANNISA ELSHINTA
dc.date.accessioned 2025-06-24T02:43:46Z
dc.date.available 2025-06-24T02:43:46Z
dc.date.issued 2025-01-08
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27964
dc.description.abstract Kehadiran e-commerce memberikan sebuah kenyamanan terhadap konsumen, karena disini pembeli dimudahkan dengan tidak usah berpergian ke toko untuk melakukan transaksi bisnis, serta harganya yang relatif murah. Salah satu praktek perdagangan yang sering dilakukan oleh masyarakat negara ini adalah jual beli minuman beralkohol yang diperjual belikan kepada anak secara bebas tanpa pengawasan secara online menggunakan e-commerce. Minuman beralkohol merupakan salah satu kategori minuman yang sifatnya keras karena mengandung ethanol. Pada saat ini pemerintah banyak melakukan pembatasan penjualan minuman beralkohol, terdapat beberapa polemik yang terjadi di Negara Indonesia dimana penjualan minuman beralkohol dan rokok melalui mini market, pedagang kaki lima dan lain sebagainya sangat dibatasi oleh peraturan menteri. Namun penjualan minuman beralkohol melalui platform e-commerce hingga saat ini tidak ada peraturan yang berlaku untuk membatasi penjualan minuman dan rokok tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis transaksi jual beli minuman beralkohol serta akibat hukum terhadap media e-commerce dalam transaksi jual beli minuman beralkohol dengan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis-normatif dengan statute approach dan conseptual approach. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis dengan menggunakan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Transaksi jual beli minuman beralkohol melalui media e-commerce terhadap anak sebagai konsumen memiliki risiko besar dari segi hukum dan kesehatan, ketiadaan pengawasan ketat serta verifikasi usia yang lemah membuka peluang anak-anak untuk mengakses produk terlarang ini oleh karena itu, tanggung jawab hukum tidak hanya ada pada penjual tetapi juga pada platform e- commerce yang memfasilitasi transaksi. Dalam konteks penjualan minuman beralkohol melalui media e-commerce, pertanggungjawaban hukum platform e- commerce terhadap perlindungan anak-anak sangat penting, Media e-commerce harus memastikan bahwa mereka mematuhi regulasi yang berlaku seperti verifikasi usia yang ketat dan pembatasan akses untuk mencegah transaksi yang melibatkan anak di bawah umur. Akibat hukum terhadap media e-commerce dalam transaksi jual beli alkohol dengan anak sebagai konsumen bisa sangat serius, termasuk denda besar, tuntutan hukum, dan kerusakan reputasi yang signifikan, e-commerce harus secara proaktif memastikan bahwa mereka mematuhi peraturan yang berlaku dan melindungi anak-anak dari akses ilegal terhadap produk beralkohol. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.subject Transaksi Jual Beli en_US
dc.title AKIBAT HUKUM TERHADAP MEDIA E-COMMERCE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MINUMAN BERALKOHOL DENGAN ANAK SEBAGAI KONSUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account