Abstract:
Perkembangan pemikiran manusia dalam memberikan batasan tentang makna dan
pengertian pendidikan, setiap saat selalu menunjukkan adanya perubahan. Pendidikan
merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi
ke generasi yang lain. Penelitian ini bertujuan buat tingkatkan keahlian membaca siswa kelas
II di Sanggar Belajar Kepong, Malaysia, dengan mempraktikkan tata cara pendidikan yang
mengasyikkan Informasi kualitatif diperoleh lewat observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Riset ini mengaitkan 15 siswa dalam siklus yang mencakup perencanaan, penerapan observasi,
serta refleksi. Hasilnya menampilkan kenaikan signifikan dari total 15 siswa, 10 siswa (67%)
sukses menggapai jenis tuntas dengan nilai 84 ke atas, sedangkan 5 siswa (33%) masih terletak
dalam jenis tidak tuntas dengan nilai di dasar 84. Rata-rata nilai totalitas sehabis pelaksanaan
tata cara ini merupakan dekat 75, 33, yang mencerminkan kemajuan dalam keahlian membaca
mereka. Ini menampilkan kalau tata cara pendidikan yang mengasyikkan efisien dalam
menolong siswa menguasai modul serta tingkatkan keahlian membaca.