Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBEL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author HERWAN, EFENDI
dc.date.accessioned 2025-06-23T08:31:24Z
dc.date.available 2025-06-23T08:31:24Z
dc.date.issued 2025-02-11
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27915
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bambel Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bambel yang berjumlah 101 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 30 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini yaitu tes esai atau tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki nilai rata- rata 51,83 yang dikatakan kurang sedangkan kemampuan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 75,83 yang dikatakan baik. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk = N – 30 = 22 – 1 = 29, maka diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,69. Berdasarkan nilai ttabel dan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 di atas, maka dapat diketahui thitung > ttabel yakni 14,63 > 1,69. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bambel tahun pembelajaran 2023/2024. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Deskripsi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBEL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account