Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Bambel Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bambel yang berjumlah 101
siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 30
siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh
peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini yaitu tes esai atau tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks deskripsi sebelum
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki nilai rata-
rata 51,83 yang dikatakan kurang sedangkan kemampuan menulis teks deskripsi
sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki
nilai rata-rata 75,83 yang dikatakan baik. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan
0,05 dengan dk = N – 30 = 22 – 1 = 29, maka diperoleh taraf signifikan 5%
sebesar 1,69. Berdasarkan nilai ttabel dan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 di atas, maka dapat diketahui
thitung > ttabel yakni 14,63 > 1,69. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima.
Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan
model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan
menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bambel tahun
pembelajaran 2023/2024.