Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan prestasi belajar
serta korelasi antara keduanya untuk siswa di kelas V SD Muhammadiyah 13
Medan. Terdapat 41 siswa di kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan yang menjadi
sampel penelitian. Variabel penelitian terdiri dari 2 kategori yaitu motivasi belajar
(variabel X) dan prestasi belajar (variabel Y). Kuesioner skala Likert digunakan
sebagai metode untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Tingkat korelasi
antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, kemudian dipastikan dengan
menganalisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan
hasil analisis data dengan korelasi Pearson Product Moment, hasilnya diperoleh
nilai thitung dibandingkan dengan ttabel (5,3067>1,6848) dengan hipotesis H0 ditolak,
sedangkan Ha diterima dan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,648>0,308 dengan tingkat
signifikansi sebesar 41,99%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi
belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan
berkorelasi secara signifikan.