DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author Hayat, Nahrul
dc.date.accessioned 2025-06-03T03:48:40Z
dc.date.available 2025-06-03T03:48:40Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27737
dc.description.abstract Studi ini memiliki tujuan untuk mengukur dampak model (CIRC) terhadap hasil pembelajaran bahasa Indonesia di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Studi ini juga berfokus pada keefektifan model CIRC dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan analisis kritis, dan kemampuan sosial peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen pengukuran uji awal dan uji akhir dalam mengumpulkan data. Analisis skor pra-tes dan pasca-tes bertujuan untuk mengukur peningkatan prestasi siswa setelah penerapan model CIRC. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis untuk mengukur perbedaan signifikan dalam kinerja siswa pada tahap awal dan akhir. Hasil studi memperlihatkan kemajuan yang signifikan dalam pencapaian belajar siswa setelah model CIRC diterapkan. Rata-rata skor pra-tes meningkat dari 60,2 menjadi 84,4 pada pasca-tes, dengan kenaikan sebesar 24,2 poin. Temuan dari hasil uji hipotesis menunjukkan tingkat sig 0,000, dan menunjukkan keefektifan model dalam meningkatkan pemahaman dan interaksi siswa. Namun, penelitian ini juga memiliki beberapa batasan, di antaranya jumlah sampel yang kecil dari satu kelas, yang membatasi hasil generalisasi. Durasi implementasi CIRC yang singkat dan tantangan seperti terbatasnya partisipasi siswa juga mungkin mempengaruhi temuan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model CIRC en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject Bahasa Indonesia. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account