DSpace Repository

PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SANG GAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author RAHMADANI, MAGHFIROH
dc.date.accessioned 2025-05-28T08:25:07Z
dc.date.available 2025-05-28T08:25:07Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27618
dc.description.abstract Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat berarti untuk siswa di Indonesia dari tingkatan sekolah bawah sampai perguruan tinggi. Riset ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode bermain kedudukan (role playing) terhadap keahlian berdialog siswa di Sanggar Tutorial Kepong, Malaysia. Riset kuantitatif ini dilakakukan pada siswa kelas 1 di sanggar tersebut selaku ilustrasi jenuh, dengan memakai pretest serta posttest untuk mengukur keahlian berdialog siswa saat sebelum serta setelah pelaksanaan metode role playing. Hasil riset menampilkan terdapatnya kenaikan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari pretest (68,33) ke posttest (81,95). Uji normalitas serta homogenitas menampilkan kalau informasi terdistribusi wajar serta homogen, sehingga membolehkan pemakaian uji Paired Sample T-Test. Hasil uji T menampilkan perbandingan signifikan antara nilai pretest serta posttest (Sig. = 0,000 < 0,05), yang mengindikasikan kalau metode role playing efisien dalam tingkatkan keahlian berdialog siswa. Dengan demikian, riset ini merumuskan kalau metode role playing bisa dijadikan strategi pendidikan yang efisien buat tingkatkan keahlian berdialog siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Teknik Bermain en_US
dc.subject Role Playing en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara Siswa en_US
dc.title PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SANG GAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account