Abstract:
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan menyusun surat
dinas sesuai struktur pada siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan yang berada
di Jl. Suasa Selatan Ps. III No. 204, Mabar Hilir, Kec. Medan Deli, Kota Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu VII A, VII B, VII C, dan VII
Dsebanyak 216 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII
D sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest.
Pada pretest nilai rata-rata siswa 64,62 dilihat dari 7 siswa 12,96% kategori baik,
24 siswa 44,44% kategori cukup, 16 siswa 29,63% kategori kurang, dan 7 siswa
12,96% kategori sangat kurang. Pada posttest nilai rata-rata siswa 85,38 dilihat
dari 31 siswa 57,40% kategori sangat baik dan 23 siswa 42,59% kategori baik.
Teknik analasis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji t yang
menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat
kebebasan df = N-1. Pada penelitian ini memperoleh nilai
= 21,26 dengan
taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan df = 54-1 = 53 didistribusikan
kedalam
dengan nilai ≈ 1,674 yang berarti nilai
dibandingkan
lebih besar
yaitu 21,26 > 1,674. Dengan hasil ini ha dapat diterima
dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap kemampuan menyusun surat dinas sesuai struktur pada siswa
kelas VII D SMP Swasta Pelita Medan.