DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI BENTUK BANGUN DATAR DI KELAS 2 SD KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author ARISANTI, FITRI
dc.date.accessioned 2025-05-28T02:59:40Z
dc.date.available 2025-05-28T02:59:40Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27574
dc.description.abstract Penelitian ini berlatarbelakang dari rendahnya minat belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika, serta keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami bentuk bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran puzzle, serta untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media tersebut terhadap pemahaman siswa di kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang mencakup 10 butir soal. Analisis data meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Hipotesis. Hasil Uji Validitas menunjukkan bahwa 9 soal tergolong valid, sementara 1 soal tidak memenuhi kriteria validitas dengan nilai koefisien sebesar 0,299. Sementara itu, hasil Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa 9 soal yang valid memiliki nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,798, yang menandakan tingkat reliabilitas yang baik. Uji Hipotesis melalui uji sampel berpasangan menghasilkan nilai p sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis puzzle terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai bentuk bangun data di kelas 2 SD Kepong, Malaysia.” en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Bangun Datar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI BENTUK BANGUN DATAR DI KELAS 2 SD KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account