Abstract:
Penelitian ini berlatarbelakang dari rendahnya minat belajar siswa,
khususnya dalam mata pelajaran matematika, serta keterbatasan
kemampuan siswa dalam memahami bentuk bangun datar. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa sebelum dan
sesudah penerapan media pembelajaran puzzle, serta untuk
mengidentifikasi dampak penggunaan media tersebut terhadap pemahaman
siswa di kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Populasi dan sampel penelitian terdiri
dari 20 siswa kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Pengumpulan data dilakukan
melalui tes yang mencakup 10 butir soal. Analisis data meliputi Uji Validitas,
Uji Reliabilitas, dan Uji Hipotesis. Hasil Uji Validitas menunjukkan bahwa 9
soal tergolong valid, sementara 1 soal tidak memenuhi kriteria validitas
dengan nilai koefisien sebesar 0,299. Sementara itu, hasil Uji Reliabilitas
menunjukkan bahwa 9 soal yang valid memiliki nilai Cronbach's Alpha
sebesar 0,798, yang menandakan tingkat reliabilitas yang baik. Uji Hipotesis
melalui uji sampel berpasangan menghasilkan nilai p sebesar 0,000, yang
lebih kecil dari 0,05, sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis
puzzle terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai bentuk bangun
data di kelas 2 SD Kepong, Malaysia.”