DSpace Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 107405 SEI ROTAN

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Latifah Husna
dc.date.accessioned 2025-05-28T02:54:12Z
dc.date.available 2025-05-28T02:54:12Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27573
dc.description.abstract Perolehan nilai siswa kelas V di SDN 107405 Sei Rotan menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai, dengan nilai pretest rata-rata 63 dan nilai post-test rata-rata 84. Instrumen yang digunakan diuji validitasnya, dan 22 soal dinyatakan valid. Selanjutnya, nilai signifikansi hipotesis penelitian dihitung. Model pembelajaran berbasis proyek terbukti berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN melalui analisis data yang dilakukan dengan uji T Paired sampel T-Test. Pengaruh positif tersebut terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Keberhasilan studi ini dapat diatribusikan pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang mengacu pada penelitian Trianto. Penelitian ini juga berhasil berkat usaha peneliti dalam merancang dan mengimplementasikan prosedur model pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, penelitian ini berhasil karena siswa merasa senang mengikuti berbagai proses pembelajaran, mampu beradaptasi dengan cepat terhadap model pembelajaran yang baru, dan lebih fokus pada penjelasan guru serta interaksi dengan teman-teman mereka en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 107405 SEI ROTAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account