Abstract:
Perolehan nilai siswa kelas V di SDN 107405 Sei Rotan menjadi sumber data dalam
penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai,
dengan nilai pretest rata-rata 63 dan nilai post-test rata-rata 84. Instrumen yang
digunakan diuji validitasnya, dan 22 soal dinyatakan valid. Selanjutnya, nilai
signifikansi hipotesis penelitian dihitung. Model pembelajaran berbasis proyek
terbukti berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di
SDN melalui analisis data yang dilakukan dengan uji T Paired sampel T-Test.
Pengaruh positif tersebut terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang
lebih kecil dari 0,05. Keberhasilan studi ini dapat diatribusikan pada penerapan
model pembelajaran berbasis proyek yang mengacu pada penelitian Trianto.
Penelitian ini juga berhasil berkat usaha peneliti dalam merancang dan
mengimplementasikan prosedur model pembelajaran berbasis proyek. Selain itu,
penelitian ini berhasil karena siswa merasa senang mengikuti berbagai proses
pembelajaran, mampu beradaptasi dengan cepat terhadap model pembelajaran yang
baru, dan lebih fokus pada penjelasan guru serta interaksi dengan teman-teman
mereka