Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Perkembangan Media
Pembelajaran Wordwall pada materi keragaman budaya Indonesia dikelas IV SD
Negeri 054949 Sei Meran. Validasi ahli desain, ahli media dan ahli materi, dapat
diketahui hasil validasi ahli desain sebesar 95% (Sangat valid), hasil validasi ahli
maedia sebesar 97% (Sangat valid) dan hasil validasi ahli materi sebesar 98,4%.
Selain itu, dapat diketahui juga bahwa hasil uji coba kepraktisan guru
mendapatkan persentase sebesar 98% (Sangat praktis) dan hasil uji coba
kepraktisan peserta didik mendapatkan persentase 99,5% (Sangat praktis). Hasil
uji coba dengan guru dan peserta didik secara keseluruhan menunjukkan
tanggapan yang baik terhadap penggunaan media pembelajaran wordwall
tersebut. Dengan hasil instrumen rata-rata valid maka media pembelajaran
wordwall yang dikembangkan dapat dikatakan Valid untuk digunakan dalam
proses pembelajaran. Peneliti menguji Uji coba dilakukan dengan melibatkan 10
peserta didik, persentase yang diperoleh dari hasil uji coba kepraktisan sebesar
99,5% dengan kriteria “Sangat Valid/praktis”, persentase skor kepraktisan yang
diperoleh dari penilaian guru sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Valid/praktis”.
Berdasarkan nilai yang diperoleh dari penilaian kepraktisan media pembelajaran
wordwall yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media wordwall dapat
memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiri, dan membantu
menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan peserta didik
kelas IV SD Negeri 054949 Sei Meran, dalam proses pembelajaran khususnya
pada mata pelajaran IPAS (Keragaman Budaya Indonesia).