DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 060946 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Afrentis, Zairina
dc.date.accessioned 2025-05-27T10:18:32Z
dc.date.available 2025-05-27T10:18:32Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27550
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPAS meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa dan Tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan wujud zat. Sebelum melaksanakan siklus I peneliti melakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa (20%), pada siklus I peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing materi perubahan wujud zat diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (72%), sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (96%), hal ini membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Inkuiri Terbimbing en_US
dc.subject hasil belajar siswa en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 060946 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account