Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum
maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
penggunaan model inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model inkuiri Terbimbing pada mata
pelajaran IPAS meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946
Medan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi untuk melihat
aktivitas guru dan siswa dan Tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
dua siklus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan wujud zat.
Sebelum melaksanakan siklus I peneliti melakukan pretes untuk mengetahui
kemampuan awal siswa, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 5
siswa (20%), pada siklus I peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing
materi perubahan wujud zat diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18
siswa (72%), sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 24
siswa (96%), hal ini membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri Terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan.