DSpace Repository

Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Sanggar Bimbingan kepong, Kuala Lumpur Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author WIWIT, LESTARI
dc.date.accessioned 2025-05-27T07:49:05Z
dc.date.available 2025-05-27T07:49:05Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27537
dc.description.abstract Penelitian ini mengkaji daya guna pelaksanaan media foto gerak bersuara (video) dalam tingkatkan keahlian kognitif siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. Latar balik riset berangkat dari kasus pendidikan konvensional yang kurang efisien dalam meningkatkan keahlian kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 10 siswa kelas II yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kesesuaian materi dan kriteria pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test serta analisis persentase untuk data kuesioner. Hasil riset menampilkan kenaikan signifikan pada keahlian kognitif siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 40 % pada hasil post-test dibanding pre-test. Tingkatan ketuntasan belajar bertambah dari 50% jadi 90%. Kenaikan terjalin pada bermacam aspek kognitif bersumber pada Taksonomi Bloom, meliputi pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), serta analisis (C4). Sebanyak 92% siswa membagikan reaksi positif terhadap pemakaian media video, melaporkan kalau pendidikan jadi lebih menarik serta modul lebih gampang dimengerti. Riset ini pula mengenali pergantian pola pendidikan dari teacher-centered jadi student-centered, dan tantangan implementasi beserta solusinya. Akhirnya, media foto gerak bersuara (video) teruji efisien dalam menguatkan keahlian kognitif siswa serta tingkatkan atensi belajar lewat pengalaman pendidikan yang lebih interaktif serta relevan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media pembelajaran en_US
dc.subject Video pembelajaran en_US
dc.subject Kemampuan kognitif en_US
dc.subject Taksonomi Bloom en_US
dc.subject Pembelajaran student-centered en_US
dc.title Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Sanggar Bimbingan kepong, Kuala Lumpur Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account