Abstract:
Usaha di bidang kuliner, khususnya industri coffee shop, telah mengalami perkembangan
pesat seiring dengan meningkatnya konsumsi kopi di kalangan anak muda dan pekerja
urban. Selain sebagai tempat menikmati minuman berkualitas, coffee shop kini juga
berfungsi sebagai ruang sosial dan tempat bekerja. Namun, meningkatnya jumlah coffee
shop juga memicu persaingan ketat, sehingga keberhasilan bisnis tidak hanya bergantung
pada strategi pemasaran, tetapi juga pada efektivitas pengelolaan sumber daya manusia
(SDM).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat diterapkan untuk
meningkatkan retensi karyawan dan daya saing AMPM Coffee Bar. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengelolaan SDM yang baik, termasuk pelatihan karyawan, peningkatan keterampilan
komunikasi, serta pemberian insentif dan lingkungan kerja yang nyaman, dapat
meningkatkan loyalitas karyawan serta kualitas pelayanan. Dengan demikian,
optimalisasi strategi pengelolaan SDM dapat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan
daya saing AMPM Coffee Bar di tengah persaingan industri coffee shop yang semakin
ketat.