Abstract:
Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada
pertimbangan rasional melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai
taraf tidak rasional lagi. Perilaku konsumtif melekat pada seseorang bila orang
tersebut membeli sesuatu diluar kebutuhan (need) atau pembelian lebih
didasarkan pada faktor keinginan (want) (Sumartono, 2002). Perilaku konsumtif
menjadi salah satu kajian yang penting untuk dibahas agar dapat mengetahui
penyebab dari perilaku tersebut dan mengurangi perilaku itu, karena perilaku
tersebut tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh Fitur Live Streaming dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku
Konsumtif Pembelanjaan Online Pada Cashless Society Di Kota Medan Yang
Dimediasi Oleh Penggunaan E-Money. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu menggunakan jenis pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah cashless society di Kota Medan dan sampel paada penelitian
ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar penyataan
seperti kuesioner/angket serta teknik analisis data menggunakan program
Software Partial Least Square (SmartPLS) untuk mengetahui 7 hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara
langsung fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku
konsumtif. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money.
Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money.
Penggunaan e-money berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fitur
live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui
penggunaan e-money. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku
konsumtif melalui penggunaan e-money pada cashless society di Kota Medan.