Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27501
Title: PENGARUH FITUR LIVE STREAMING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELANJAAN ONLINE PADA CASHLESS SOCIETY DI KOTA MEDAN DIMEDIASI OLEH PENGGUNAAN E-MONEY
Authors: PANE, SALSABILA AZZAHRA
Keywords: Fitur Live Streaming;Literasi Keuangan;Perilaku Konsumtif
Issue Date: 14-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan rasional melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf tidak rasional lagi. Perilaku konsumtif melekat pada seseorang bila orang tersebut membeli sesuatu diluar kebutuhan (need) atau pembelian lebih didasarkan pada faktor keinginan (want) (Sumartono, 2002). Perilaku konsumtif menjadi salah satu kajian yang penting untuk dibahas agar dapat mengetahui penyebab dari perilaku tersebut dan mengurangi perilaku itu, karena perilaku tersebut tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Fitur Live Streaming dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelanjaan Online Pada Cashless Society Di Kota Medan Yang Dimediasi Oleh Penggunaan E-Money. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah cashless society di Kota Medan dan sampel paada penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar penyataan seperti kuesioner/angket serta teknik analisis data menggunakan program Software Partial Least Square (SmartPLS) untuk mengetahui 7 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money. Penggunaan e-money berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-money. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-money pada cashless society di Kota Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27501
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR SALSABILA AZZAHRA PANE.pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.