Research Repository

PENGARUH FITUR LIVE STREAMING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELANJAAN ONLINE PADA CASHLESS SOCIETY DI KOTA MEDAN DIMEDIASI OLEH PENGGUNAAN E-MONEY

Show simple item record

dc.contributor.author PANE, SALSABILA AZZAHRA
dc.date.accessioned 2025-05-27T04:05:20Z
dc.date.available 2025-05-27T04:05:20Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27501
dc.description.abstract Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan rasional melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf tidak rasional lagi. Perilaku konsumtif melekat pada seseorang bila orang tersebut membeli sesuatu diluar kebutuhan (need) atau pembelian lebih didasarkan pada faktor keinginan (want) (Sumartono, 2002). Perilaku konsumtif menjadi salah satu kajian yang penting untuk dibahas agar dapat mengetahui penyebab dari perilaku tersebut dan mengurangi perilaku itu, karena perilaku tersebut tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Fitur Live Streaming dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelanjaan Online Pada Cashless Society Di Kota Medan Yang Dimediasi Oleh Penggunaan E-Money. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah cashless society di Kota Medan dan sampel paada penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar penyataan seperti kuesioner/angket serta teknik analisis data menggunakan program Software Partial Least Square (SmartPLS) untuk mengetahui 7 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money. Penggunaan e-money berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fitur live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-money. Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-money pada cashless society di Kota Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Fitur Live Streaming en_US
dc.subject Literasi Keuangan en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.title PENGARUH FITUR LIVE STREAMING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELANJAAN ONLINE PADA CASHLESS SOCIETY DI KOTA MEDAN DIMEDIASI OLEH PENGGUNAAN E-MONEY en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account