Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh celebrity
endorser dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian
kosmetik somethinc dengan brand image sebagai variabel moderasi pada mahasiswa
fakultas ekonomi dan bisnis UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif
dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UMSU Angkatan 2021, dengan sampel sebanyak 83 orang
mahasiswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan simple
random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan rumus
Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder yaitu
kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian kosmetik Somethinc, selanjutnya electronic word of
mouth (EWOM) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik
Somethinc, dan secara tidak langsung brand image tidak memoderasi pengaruh
celebrity endorser dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan
pembelian kosmetik Somethinc pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU.