Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27463
Title: PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SOMETHINC DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMSU
Authors: DWI, KARTIKA
Keywords: Celebrity Endorser;Electronic Word Of Mouth;Brand Image;Keputusan Pembelian
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh celebrity endorser dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian kosmetik somethinc dengan brand image sebagai variabel moderasi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Angkatan 2021, dengan sampel sebanyak 83 orang mahasiswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Somethinc, selanjutnya electronic word of mouth (EWOM) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Somethinc, dan secara tidak langsung brand image tidak memoderasi pengaruh celebrity endorser dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian kosmetik Somethinc pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27463
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir_ Dwi Kartika_2105160338_Manajemen (1).pdfFull Text5.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.