Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PODCASTING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BHARU MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author GINTING, TASSYA RAHMAYANTI
dc.date.accessioned 2025-05-24T07:04:57Z
dc.date.available 2025-05-24T07:04:57Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27398
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan podcasting terhadap keterampilan berbicara pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pra-eksperimental dengan bentuk desain pretest posttest one group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcasting berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Berdasarkan fenomena yang terjadi, bahwa penggunaan podcasting sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject podcasting en_US
dc.subject keterampilan berbicara en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN PODCASTING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BHARU MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account