Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelompok referensi dan
gaya hidup terhadap keputusan pembelian akun Netflix di e-commerce Shopee
pada mahasiswa kota Medan yang dimediasi oleh niat beli. Jenis penelitian ini
adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa di kota Medan yang melakukan pembelian akun
Netflix di Shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan
Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kelompok referensi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian akun Netflix di Shopee, 2) Gaya hidup
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian akun Netflix di
Shopee, 3) Kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
beli akun Netflix di Shopee, 4) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat beli akun Netflix di Shopee, 5) Niat beli berpengaruh tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian akun Netflix di Shopee, 6) Kelompok
referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian akun
Netflix di Shopee melalui niat beli, 7) Gaya hidup berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian akun Netflix di Shopee melalui niat beli.