Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa, siswa
cenderung pasif dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran masih terpusat pada
guru dan kurang tepatnya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang
kurang meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif. Populasinya adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar
Muhammadiyah 25 Medan yang terdiri dari 15 siswa satu kelas. Hasil dari
penelitian ini menggunakan angket yang dilakukan peneliti terhadap siswa, terdapat
pada indikator efektivitas mendapatkan respon dengan hasil rata-rata 88,8% (Baik).
Sedangkan pada indikator motivasi belajar siswa mendapatkan respon dengan hasil
rata-rata 90,5 % (Sangat Baik). dari sini dapat kita lihat dengan digunakannya
penggunaan teknologi sebagai proses pembelajaran dikelas dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa dikelas VI Sekolah Dasar Muhammaiyah 25 Medan.