DSpace Repository

Implementasi Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Untuk Mata Pelajaran IPA Pada Materi Sistem Tata Surya Di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author Ritonga, Maulyda Syita
dc.date.accessioned 2025-05-20T11:03:15Z
dc.date.available 2025-05-20T11:03:15Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27269
dc.description.abstract Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data pada penelitian berupa lembar observasi dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari prasiklus 50,66%, siklus I 60,66% dan siklus II menjadi 81,33% yang artinya terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10%, sedangkan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 20%. Berdasarkan fenomena yang terjadi, bahwa dari penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPA dikelas IV menjadi lebih menyenangkan dan menarik, serta partisipasi siswa meningkat dalam proses belajar, siswa yang menjadi super aktif, meningkatkan kreativitas siswa serta meningkatkan inovasi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject kemampuan berpikir kritis en_US
dc.subject media puzzle en_US
dc.subject pembelajaran IPA en_US
dc.title Implementasi Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Untuk Mata Pelajaran IPA Pada Materi Sistem Tata Surya Di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account