Abstract:
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media puzzle dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik
pengambilan data pada penelitian berupa lembar observasi dan tes. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran IPA dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari prasiklus 50,66%, siklus I
60,66% dan siklus II menjadi 81,33% yang artinya terjadi peningkatan dari prasiklus
ke siklus I sebesar 10%, sedangkan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 20%.
Berdasarkan fenomena yang terjadi, bahwa dari penggunaan media puzzle dalam
pembelajaran IPA dikelas IV menjadi lebih menyenangkan dan menarik, serta
partisipasi siswa meningkat dalam proses belajar, siswa yang menjadi super aktif,
meningkatkan kreativitas siswa serta meningkatkan inovasi dan meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.