DSpace Repository

PENGARUH BUKU DONGENG FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SANGGAR BELAJAR KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author AZHAR, TIARA
dc.date.accessioned 2025-05-17T03:27:53Z
dc.date.available 2025-05-17T03:27:53Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27250
dc.description.abstract Strategi penerapan membaca nyaring membuat pikiran siswa lebih fokus dan menimbulkan pertanyaan betapa sulitnya memahami membaca. Manfaat dari buku dongeng fabel yaitu: (1) untuk mengasah emosi, (2) imajinasi, (3) dan meningkatkan daya kritis siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Sanggar Belajar Kepong Malaysia, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh buku dongeng fabel terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di Sanggar Belajar Kepong Malaysia. Untuk mendapatkan data yang valid dan akurat dari siswa, maka digunakan instrumen non tes berupa lembar observasi.Hasil uji Paired Samples t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara dua kelompok data yang diuji. Hal ini terlihat dari nilai p-value (Sig. 2-tailed) (0,001). Gambar cenderung lebih disukai oleh siswa dari pada teks tulisan seperti buku ajar yang hanya memiliki kalimat. Penggunaan buku dongeng fabel dapat meningkatkan keterlibatan dan perhatian siswa selama pembelajaran. Penggunaan buku dongeng juga dapat meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi anak dalam belajar. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Buku Dongeng en_US
dc.subject Meningkatkan en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.title PENGARUH BUKU DONGENG FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SANGGAR BELAJAR KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account