Abstract:
Strategi penerapan membaca nyaring membuat pikiran siswa lebih fokus dan
menimbulkan pertanyaan betapa sulitnya memahami membaca. Manfaat dari
buku dongeng fabel yaitu: (1) untuk mengasah emosi, (2) imajinasi, (3) dan
meningkatkan daya kritis siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif yang
dilaksanakan di Sanggar Belajar Kepong Malaysia, dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh buku dongeng fabel terhadap keterampilan membaca siswa
kelas II di Sanggar Belajar Kepong Malaysia. Untuk mendapatkan data yang valid
dan akurat dari siswa, maka digunakan instrumen non tes berupa lembar
observasi.Hasil uji Paired Samples t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan secara statistik antara dua kelompok data yang diuji. Hal ini terlihat
dari nilai p-value (Sig. 2-tailed) (0,001). Gambar cenderung lebih disukai oleh
siswa dari pada teks tulisan seperti buku ajar yang hanya memiliki kalimat.
Penggunaan buku dongeng fabel dapat meningkatkan keterlibatan dan perhatian
siswa selama pembelajaran. Penggunaan buku dongeng juga dapat
meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi anak dalam belajar.