dc.description.abstract |
Dunia bisnis saat ini semakin berkembang, sehingga menyebabkan
semakin meningkatnya persaingan dalam pemenuhan kebutuhan manusia.
Khususnya di Indonesia, sekarang ini banyak bermunculan tempat makan
(restoran), baik dari dalam negeri ataupun waralaba (franchise) dari luar negeri.
Ayam Goreng Cabe Ijo Pak Anto adalah salah satu bisnis kuliner. Dimana usaha
sejenis sangat menjamur disetiap sudut daerah mana saja pasti sangat mudah
mencari kuliner sejenis Dengan banyaknya kuliner sejenis maka dapat dipastikan
tingkat persaingan sangat ketat.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang
yang merupakan pelanggan Ayam Goreng Cabe Ijo Pak Anto yang berlokasi di
Pagar Merbau Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner, Teknik analisa data yang digunakan menggunakan
partial least square structural equestion model (PLS-SEM) yaitu analisis model
pengukuran (outer model), yakni realibilitas dan validitas konstruk (construct
reliability and validity) dan validitas diskriminan (discriminant validity).
Berdasarkan pengujian analisis jalur diperoleh hasil bahwa variabel
Kualitas Pelayanan dan Citra Merek masing-masing berpengaruh signifikan
terhadap variabel Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelanggan dan Citra Merek
masing-masing berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan.
Berdasarkan hasil pengujian pengaruh tidak langsung diperoleh hasil balıwa
variabel Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening tidak mampu
memediasi pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel Loyalitas
Pelanggan sedangkan Kepuasan Pelangan sebagai variabel intervening mampu
memediasi pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Kepuasan Pelanggan. |
en_US |