Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas
produk dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan
baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pasien dokter penyakit dalam dan kandungan yang berada di Medan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 orang pasien. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi,
observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji
Analisis Faktor Eksogen dan Endogen, Uji Kecocokan Model dan Analisis
Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM) dengan software Linear Structural Relationship
(LISREL) 8.80. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, nilai pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, nilai pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan
pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui
kepuasan pelanggan, dan nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada PT. Gracia Pharmindo.