Research Repository

HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author FEBRIANTI, AN NISA
dc.date.accessioned 2025-05-15T02:45:33Z
dc.date.available 2025-05-15T02:45:33Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27201
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas V berjumlah 41 siswa. Dalam penelitian ini sampel peneliti menggunakan “totally sampling” yang artinya peneliti mengambil semua populasi kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan yang berjumlah 41 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yaitu angket gaya mengajar guru ( Variabel X ) dan angket motivasi belajar siswa ( Variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistic korelasi product moment dan uji t.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dengan indeks korelasi rhitung = 0,625 > rtabel = 0,308 dan nilai thitung = 5,006 > ttabel = 1,684 dengan hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan tingkat signifikan sebesar 39,0625%. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Gaya Mengajar Guru en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account