Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru
dengan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas V
berjumlah 41 siswa. Dalam penelitian ini sampel peneliti menggunakan “totally
sampling” yang artinya peneliti mengambil semua populasi kelas V SD
Muhammadiyah 13 Medan yang berjumlah 41 siswa. Adapun jenis penelitian ini
adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan angket yaitu angket gaya mengajar guru ( Variabel
X ) dan angket motivasi belajar siswa ( Variabel Y). Teknik analisis data
menggunakan statistic korelasi product moment dan uji t.Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar
guru dengan motivasi belajar siswa dengan indeks korelasi rhitung = 0,625 > rtabel =
0,308 dan nilai thitung = 5,006 > ttabel = 1,684 dengan hipotesis H0 ditolak dan Ha
diterima dengan tingkat signifikan sebesar 39,0625%.