Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECOPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 025281 BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author Asnani, Yuni Tri
dc.date.accessioned 2025-05-15T02:17:51Z
dc.date.available 2025-05-15T02:17:51Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27195
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Ecopreneurship dapat berpengaruh pada Keterampilan Berpikir Kritis siswa atau tidak. Penelitian Ini menggunakan metode Kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan Model Pembelajaran Ecopreneurship penelitian dilaksanakan di SD Negeri 025281 Binjai, Kecamatan Binjai Utara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A 30 Siswa dan Kelas IV-B 30 Siswa yang berjumlah keseluruhannya sebanyak 60 siswa. Berdasarkan distribusi frekuensi nilai hasil Tes siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Ecopreneurship. Model Pembelajaaran Konvensional kelas kontrol sebesar 78,53 sedangakan berdasarkan distribusi frekuensi nilai Tes siswa sesudah menggunakan Model pembelajaran Ecopreneurship rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 85,69 disini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa di Kelas IV SD Negeri 025281 Binjai. Hipotetsis yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu nilai signifikansi 2-sided Equel Variance assumed adalah 0.000 < 0.05 berdasrkan kriteria penguji maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh Model Pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Dalam penelitian diharapkan siswa lebih meningkatkan kegiatan belajar ketika pemebelajaran berlangsung, berani mengajukan pertanyaan memiliki rasa ingin tau yang besar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Model Pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Keterampilan Berfikir Kritis en_US
dc.subject Ecopreneurship en_US
dc.subject IPA. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECOPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 025281 BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account