Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model
Pembelajaran Ecopreneurship dapat berpengaruh pada Keterampilan Berpikir Kritis
siswa atau tidak. Penelitian Ini menggunakan metode Kuantitatif dan jenis
penelitian menggunakan Model Pembelajaran Ecopreneurship penelitian
dilaksanakan di SD Negeri 025281 Binjai, Kecamatan Binjai Utara. Populasi dan
sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A 30 Siswa dan Kelas IV-B 30
Siswa yang berjumlah keseluruhannya sebanyak 60 siswa. Berdasarkan distribusi
frekuensi nilai hasil Tes siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran
Ecopreneurship. Model Pembelajaaran Konvensional kelas kontrol sebesar 78,53
sedangakan berdasarkan distribusi frekuensi nilai Tes siswa sesudah
menggunakan Model pembelajaran Ecopreneurship rata-rata nilai kelas eksperimen
sebesar 85,69 disini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran
Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa di Kelas IV SD
Negeri 025281 Binjai. Hipotetsis yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu nilai
signifikansi 2-sided Equel Variance assumed adalah 0.000 < 0.05 berdasrkan
kriteria penguji maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh
Model Pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada
Siswa. Dalam penelitian diharapkan siswa lebih meningkatkan kegiatan belajar
ketika pemebelajaran berlangsung, berani mengajukan pertanyaan memiliki rasa
ingin tau yang besar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi
mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Model Pembelajaran Ecopreneurship
terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa sebagai model pembelajaran yang
inovatif dan futuristik.