DSpace Repository

PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEBERANIAN BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author PADANG, SRI REJEKI
dc.date.accessioned 2025-05-02T05:46:55Z
dc.date.available 2025-05-02T05:46:55Z
dc.date.issued 2025-02-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26972
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih belum fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Show And Tell terhadap keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran Ips di kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 19 Medan yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampiling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 24 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Show And Tell pada pembelajaran Ipsterhadap keberanian berpendapat siswa kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan berpengaruh terhadap keberanian berpendapat siswa, karena pada hasil uji t (independent t-test) diproleh signifikan sebesar (7,581) > ttabel (1,682), dengan taraf signifikan 0,000< 0,05. Nilai 7,581 lebih besar dari 1,682menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menyatakan bahawa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Show And Tell berpengaruh signifikan terhadap keberanian berpendapat Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Keberanian Berpendapat en_US
dc.subject Metode Show And Tell en_US
dc.title PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEBERANIAN BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account