Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih
belum fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam
menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran Show And Tell terhadap keberanian berpendapat
siswa pada pembelajaran Ips di kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 19 Medan yang berjumlah
44 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampiling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B yang
berjumlah 24 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar
observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode
pembelajaran Show And Tell pada pembelajaran Ipsterhadap keberanian
berpendapat siswa kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan berpengaruh terhadap
keberanian berpendapat siswa, karena pada hasil uji t (independent t-test) diproleh
signifikan sebesar (7,581) > ttabel (1,682), dengan taraf signifikan 0,000< 0,05.
Nilai 7,581 lebih besar dari 1,682menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini
menyatakan bahawa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pengujian dapat disimpulkan
bahwa Metode Pembelajaran Show And Tell berpengaruh signifikan terhadap
keberanian berpendapat Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan