Research Repository

PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK ATAS KEGAGALAN SETOR TUNAI PADA MESIN ATM SETOR TARIK TUNAI

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuda, M Irfan
dc.date.accessioned 2025-04-23T04:14:25Z
dc.date.available 2025-04-23T04:14:25Z
dc.date.issued 2025-03-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26903
dc.description.abstract Semakin maju teknologi di dunia perbankan maka semakin mudah pula nasabah dalam bertransaksi. Seperti halnya adanya mesin setor tarik tunai yang memudahkan nasabah bank dalam melakukan setoran tabungan. Hal ini bisa menimbulkan efek positif dan efek negatif, efek positif yang ditimbulkan dari ini salah satunya yaitu semua nasabah bisa bertransaksi setor tunai dengan lebih mudah melalui mesin setor tarik tunai tanpa antri di bank dan efek negatif yang ditimbulkan salah satunya yaitu sering terjadinya terjadinya eror pada mesin setor tarik tunai yang menyebabkan masalah dalam transaksi nasabah bank melalui mesin setor tarik tunai. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum empiris. Penelitian hukum yuridis empiris merupakan metode “penelitian hukum yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat atau penelitian yang dilakukan terhadap keadaan sebenarnya yang terjadi di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan bahwa pengaturan tentang pertanggung jawaban bank atas kerugian nasabah pengguna mesin setor tarik tunai belum ada diatur dalam undang-undang ataupun peraturan pemerintah. Begitu juga mengenai pengaturan khusus tentang perlindungan nasabah sebagai nasabah yang melakukan transaksi setor tarik tunai di mesin setor tarik tunai belum diatur sehingga nasabah sebagai pemegang kartu debit sebagai konsumen belum ada jaminan dari bank apabila nasabah mengalami kerugian. Undang Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan tidak mengatur tentang perlindungan nasabah sebagai pengguna jasa bank. Begitu juga Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sampai saat ini masih hanya mengatur perlindungan konsumen secara umum. Penulis juga menemukan peraturan pemerintah tentang penyelesaian pengaduan nasabah bank atas permasalahan transaksi perbankan yang masih menguntungkan bank sebagai pelaku usaha. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Bank en_US
dc.subject Nasabah en_US
dc.subject Setor Tarik Tunai. en_US
dc.title PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK ATAS KEGAGALAN SETOR TUNAI PADA MESIN ATM SETOR TARIK TUNAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account