Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan dan berfokus untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana
kinerja perusahaan pada PT. Wilnata Group jika diukur dengan perspektif keuangan, pelanggan,
proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, juga dengan pendekatan balanced
scorecard secara keseluruhan. Pada penelitian ini yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah
ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu dengan
cara mengumpulkan data melalui dokumen-dokumen yang ada di perusahaan seperti annual
report PT. Wilnata Group tahun 2018-2022. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang berusaha menyajikan serta
menagalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti
pada pengukuran kinerja perusahaan PT. Wilnata Group yang diukur dengan pendekatan
balanced scorecard.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pada perusahaan PT. Wilnata
Group jika diukur menggunakan balanced scorecard termasuk dalam kondisi kurang sehat
dengan total score 56,50% kategori BBB. Perspektif keuangan dalam kondisi sangat sehat
dengan nilai akhir komponen sebesar 75%. Kategori A. Perspektif pelanggan dalam kondisi
kurang sehat dengan nilai akhir komponen 50% kategori BBB. Perspektif proses bisnis internal
dalam kondisi kurang sehat dengan nilai akhir komponen sebesar 50% kategori BBB. Serta
perspektif pembelaran dan pertumbuhan dalam kondisi kurang sehat dengan nilai akhir
komponen sebesar 50% kategori BBB.