Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
(active learning) terhadap kemampuan Melengkapi Teks Cerita Pendek oleh Siswa
Kelas VII SMP YPAK Sei Karang Galang dengan populasi berjumlah 70 siswa yang
terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dari
lapangan adalah tes esai, yaitu kemampuan melengkapi teks cerita pendek. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan
menggunakan rumus uji t, yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh model
pembelajaran (active learning) terhadap kemampuan melengkapi teks cerita pendek.
Setelah menghitung dan mengolah data dari penelitian yang telah dilakukan,
maka diperoleh hasil = . Selanjutnya harga ini dibandingkan
dengan harga dengan cara signifikan = 0,05, maka diperoleh = 1,69.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa > yaitu > 1,69. Hal ini
menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran (active learning)
terhadap kemampuan melengkapi teks cerita pendek.