DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas II di Sd Negeri 064965 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hasni, Putri
dc.date.accessioned 2024-11-15T13:01:09Z
dc.date.available 2024-11-15T13:01:09Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26343
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serta keefektifan model pembelajaran kooperatif Make a Match dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada anak Kelas II SD Negeri 064965 Medan. Teknik yang dipakai adalah eksperimen semu. Data dianalisis dengan Statistik Deskriptif dan Independent Samples T Test untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model Make a Match dan yang tidak. Pengujian dilakukan dengan signifikansi yang telah ditentukan yaitu 0,05. Wawancara, evaluasi, dan pencatatan adalah teknik yang dipakai untuk pengumpulan data. Riset ini membandingkan hasil kelompok kontrol dan eksperimen menggunakan uji statistik parametrik, terutama uji t . Setelah dilakukan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol, diketahui bahwa kelas eksperimen mencapai hasil belajar pemecahan masalah yang jauh lebih baik (91,25 dari 100) dibandingkan dengan kelas kontrol (85 dari 100). Kelas eksperimen terbukti bahwa teknik make-a-match berhasil menyulut rasa ingin tahu siswa dan mendorong untuk terlibat dalam belajar. Hasil riset ini menunjukkan, pendekatan Make a Match merupakan pemacu semangat yang ampuh bagi siswa, yang akhirnya meningkatkan minat dan kemampuan dalam mengingat isi pelajaran. Model Make a Match menjanjikan sebagai pendekatan alternatif dalam pendidikan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui lingkungan kelas yang positif dan penekanan nilai kelompok yang tinggi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make a match en_US
dc.subject Pemecahan Masalah. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas II di Sd Negeri 064965 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account