Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serta
keefektifan model pembelajaran kooperatif Make a Match dalam kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada
anak Kelas II SD Negeri 064965 Medan. Teknik yang dipakai adalah eksperimen
semu. Data dianalisis dengan Statistik Deskriptif dan Independent Samples T
Test untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang
menggunakan model Make a Match dan yang tidak. Pengujian dilakukan
dengan signifikansi yang telah ditentukan yaitu 0,05. Wawancara, evaluasi, dan
pencatatan adalah teknik yang dipakai untuk pengumpulan data. Riset ini
membandingkan hasil kelompok kontrol dan eksperimen menggunakan uji
statistik parametrik, terutama uji t . Setelah dilakukan pretest dan posttest pada
kelompok eksperimen dan kontrol, diketahui bahwa kelas eksperimen mencapai
hasil belajar pemecahan masalah yang jauh lebih baik (91,25 dari 100)
dibandingkan dengan kelas kontrol (85 dari 100). Kelas eksperimen terbukti
bahwa teknik make-a-match berhasil menyulut rasa ingin tahu siswa dan
mendorong untuk terlibat dalam belajar. Hasil riset ini menunjukkan, pendekatan
Make a Match merupakan pemacu semangat yang ampuh bagi siswa, yang
akhirnya meningkatkan minat dan kemampuan dalam mengingat isi pelajaran.
Model Make a Match menjanjikan sebagai pendekatan alternatif dalam
pendidikan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui lingkungan kelas
yang positif dan
penekanan nilai kelompok yang tinggi.