DSpace Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 066657 KAMPUNG BAHARI KECAMATAN MEDAN LABUHAN

Show simple item record

dc.contributor.author DONGORAN, ALIYA ROHAYA
dc.date.accessioned 2024-11-15T07:47:25Z
dc.date.available 2024-11-15T07:47:25Z
dc.date.issued 2024-09-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26313
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa pada pembelajaran IPAS. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat rendah dalam melakukkan peroses pembelajaran ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan yang berjumlah 48 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 48 siswa dengan mengambil kelas IV A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas IV B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dna uji homognitas) serta uji –t (hipotesis). Hasil dalampenelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan, dilihat ari hasil analisis uji hipotesis (uji independent t-test) diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,103 > 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (tretmen) penggunaan media pembelajaran audio visual sebesar 79,88. Sedangkan pada siswa dikelas ekperimen yang diberikannya perlakuan (treatmen) menggunkan media pembelajaran audio visual memperoleh nilai rata- rata 85,42. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pembelajaran Audio Visual en_US
dc.subject Mata Pelajaran IPAS en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 066657 KAMPUNG BAHARI KECAMATAN MEDAN LABUHAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account