Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa pada
pembelajaran IPAS. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
sehingga siswa sangat rendah dalam melakukkan peroses pembelajaran ketika
kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh dari pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap
hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan
medan labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan yang
berjumlah 48 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
berjumlah 48 siswa dengan mengambil kelas IV A yang berjumlah 24 siswa
sebagai kelas ekperimen dan kelas IV B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas
kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan
teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan
uji prasyarat (uji normalitas dna uji homognitas) serta uji –t (hipotesis). Hasil
dalampenelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual
berpengaruh terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657
kampung bahari kecamatan medan labuhan, dilihat ari hasil analisis uji hipotesis
(uji independent t-test) diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,103 >
0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya
pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar ipas siswa kelas
IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan. Hasil analisis
data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya
perlakuan (tretmen) penggunaan media pembelajaran audio visual sebesar 79,88.
Sedangkan pada siswa dikelas ekperimen yang diberikannya perlakuan (treatmen)
menggunkan media pembelajaran audio visual memperoleh nilai rata- rata 85,42.
Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media
pembelajaran audio visual memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi
dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual