Abstract:
“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajan inkuiri
terhadap kemampuan menganalisis teks cerpen oleh Siswa kelas XI MIPA SMA
YPK Medan Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan
pendeketan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitiannya yaitu desain
penelitia One-Group Pretest-Posttest Design. Karena terdapat pretest sebelum
diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, kemudian dilakukan posttest.
Berdasarkan penjelasan ini, maka populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI
MIPA Sma YPK Medan dengan jumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas yang berjumlah 35 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling
yang digunakan adalah Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi
dipilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes.
Dari hasil penelitian penulis kemampuan menganalisis teks cerpen sebelum
menggunkan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata 53,4 dengan
nilai tertinggi 64 dan nilai terendah yaitu 43. Sedangkan kemampuan menganalisis
teks cerpen sesudah menggunkan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai
rata-rata 78,34 dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah yaitu 68.perhitungan uji
hipotesis diatas menghasilkan nilai thitung sebesar 23,98; kemudian nilai thitung
dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan a=0,05 (5%) pada derajat
kebesaran N-1 (35-1=34) dan hasilnya adalah ttabelsebesar 1,05.Dengan demikian,
nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel(23,98), yang berarti Ha diterima dan Ho
ditolak. Studi ini dinyatakan diterima , yang berarti ada pengaruh yang signifikan
pada penggunaan model pembelajaran inkuiri oleh siswa kelas XI Mipa Sma YPK
Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024.