Abstract:
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dengan metode pengembangan
(Research and Development) yang menghasilkan sebuah produk berupa media
pembelajaran pop up book untuk pembelajaran IPAS di kelas V SDN 056002 Lr.
Ibadah Desa Banyumas Kab. Langkat. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu
keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah serta guru masih belum
menggunakan media secara kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran
kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Untuk
mengoptimalkan pembelajaran IPAS khususnya pada materi daerahku
kebanggaanku, maka dikembangkan media pembelajaran pop up book sebagai
pendamping pada saat mengajar. Pengembangan media pembelajaran pop up book
ini menggunakan model ADDIE yaitu Analys, Desain, Development,
Impelementation dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan seorang guru yang
merupakan wali kelas dan 27 orang siswa kelas V. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 orang ahli
dan angket kepraktisan untuk guru dan peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan media pop up book layak untuk digunakan
dalam proses pembelajaran dengan memperoleh rata-rata 100% dari validator ahli
materi dengan kategori layak, 98% dari validator ahli desain media dengan
kategori layak digunakan dan 97% dari validator ahli bahasa dengan kategori
layak. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran pop up book memperoleh
rata-rata 93% untuk respon guru dengan kategori praktis digunakan dan 90%
respon siswa dengan kategori praktis digunakan. Berdasarkan hasil tersebu dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book telah dinyatakan layak dan
praktis digunakan