Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan memparafrasakan iklan oleh
siswa SMK Muhammadiyah 04 Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 256 siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 04 Medan yang berjumlah 38 siswa dengan teknik random
sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu metode
yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki
siswa dalam memparafrasakan iklan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai.
Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan kemampuan memparafrasakan iklan oleh siswa SMK
Muhammadiyah 04 Medan tahun pembelajaran 2016-2017 dengan nilai rata-rata (mean) adalah 72,90
dan termasuk dalam kategori baik. Siswa memperoleh nilai 80-100 (baik sekali) sebanyak 15 orang atau
40%, siswa yang memperoleh nilai 60-79 (baik) sebanyak 7 orang atau 18%, siswa yang memperoleh
nilai 40-59 (cukup baik) sebanyak 16 orang atau 42%.