Abstract:
Pesatnya kemajuan teknologi telah menjadi komponen yang sangat diperlukan dalam berbagai
aspek kehidupan masa kini, termasuk pendidikan. Kecerdasan buatan (AI) mempunyai potensi
untuk meningkatkan pengalaman belajar dalam bidang pemahaman bacaan bahasa Inggris.
Penelitian ini mengeksplorasi analisis penulis tentang perspektif siswa, tantangan, dan solusi
inovatif untuk mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (AI) dalam membaca di SMA Asuhan
Daya Medan. Pendekatan ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan kuesioner
dan wawancara. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa 50% siswa sangat setuju, 35% setuju,
dan 15% berpendapat netral mengenai pemanfaatan AI dalam Bantuan Pembelajaran
Membaca. Berdasarkan data di atas, diketahui bahwa 50% responden menyatakan sangat
setuju, 40% setuju, dan 10% menyatakan netral terhadap penggunaan Aplikasi Berbasis
Kecerdasan Buatan (AI) untuk meningkatkan kemampuan membaca. Siswa menghadapi
banyak sekali kesulitan atau hambatan. Pertama, berkurangnya interaksi siswa-guru. Kedua,
ketergantungan siswa terhadap teknologi. Masalah terakhir adalah potensi berkurangnya
kemanjuran aplikasi bertenaga AI dalam mengekspresikan emosi, terutama ketika
menguraikan teks yang membangkitkan perasaan bahagia atau sedih.